Madu Mongso, Resep Turun Temurun Keluarga Cupang

Madu Mongso…..

Bagi warga Tulungagung, kampung halaman Cupang, dan sekitarnya, tentu gak asing lagi dengan jajanan yang bernama Madu mMongso. Dinamai Madu Mongso, karena jajanan ini rasanya manis legit seperti madu, sedangkan mongso dalam bahasa Jawa berarti musim, karena jajanan ini biasanya disajikan waktu lebaran, hajatan atau mantenan, jadi bersifat musiman.

Di keluarga besar Cupang, jajanan Madu Mongso ini hampir hampir menjadi suguhan wajib tiap lebaran tiba. Resep khusus Madu Mongso khas keluarga Cupang telah diwariskan turun temurun dari moyang Cupang. Inilah warisan kuliner asli leluhur, terutama di tanah Jawa, sPR bagi kita untuk tetap melestarikan merawat dan menjaganya, jangan sampai ada yang mencuri nya lagi.

Obrolan sederhana pada jejaring teman-teman Cupang rupanya mengusik rasa penasaran teman-teman. Jika teman-teman berminat mencoba resep leluhur Cupang, ini dia resepnya :

madumongso

Bahan :

1 kg ketan hitam dibikin tape

1/2 kg gula aren/Jawa

Santan dari 1 butir kelapa ukuran besar

Cara Pengolahan :

1. Rebus santan bersama gula aren/Jawa hingga mendidih dan berminyak, dalam bahasa Jawa disebut moto ulo.

2. Setelah rebusan bersifat moto ulo maka tape ketan bersama badeg nya (badeg adalah air hasil fermentasi tape) dimasukkan dan diaduk-aduk hingga bersifat kalis atau bisa dipilin. Air badeg ikut dimasukkan supaya menghasilkan aroma Madu Mongso yang khas.

3. Setelah adonan bisa dipilin, angkat dan dinginkan. Setelah dingin baru dibungkusi dengan kertas minyak atau plastik bercorak agar menarik.

Nah…inilah rahasia kedahsyatan rasa Madu Mongso khas leluhur Cupang. Selamat mencoba….

About these ads

5 Komentar

  1. sejak pindah ke jakarta kalau mau lebaran saya selalu bikin madumongso. saya dari malang ,jatim mas ,memang madu mongso makanaaan yg bisa ditemui saat lebaran atau saat ada penganten . saya kalau bikin 5-10 liter .memang legit dan manis rasanya
    Cuap Cupang
    Ya…itulah cirikhas daerah Tulungagung, Malang dan sekitarnya, kalo lg jauh ngangenin rasanya, btw dodol apel enal juga lo dari Malang….Matur Nuwun mampirnya….

  2. Lho, jek ono sing nglestarekno Madu mongso to…
    Tapi aku nggolek ning toko2 kok wis angel.
    Rasane aneh, manis2 kecut.

    Kelingan jaman SD.
    Cuap Cupang
    Wah…Tulungagung masih banyak Pak, apalagi jelang lebaran gini, banyak yang bikin, krn sudah tradisi. Toko-toko di Tulungagung banyak yang jual, bahkan sampai di supermarket. Monggo pinarak menawi tindak Tulungagung….:-)

  3. Marakke kangen madu mongso !!
    Cuap Cupang
    Hehe…hampir tiap tahun jadi suguhan lebaran di keluarga kami, monggo pinarak dateng kolam Cupang kutho Tulungagung….

  4. wah tutorial dan wacana yang mantap nih terima kasih untuk ilmu dan pengetahuanya

  5. Santannya berapa ml, jadi pengen buat nih.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.