PEMBERDAYAAN GENDER BETINA PADA BANGSA CUPANG

Belakangan heboh gembar-gembor tentang kesetaraan gender, tidak hanya di berbagai sudut kehidupan, tak ketinggalan pula bangsa cupang ambil bagian ikutan heboh di kolamnya. Hal ini diakibatkan permasalahan umum golongan cupang betina pada bangsa cupang kolam sangatlah komplek dan beragam. Beberapa hal yang merupakan masalah umum golongan cupang betina adalah sebagai berikut :

  1. Duapertiga (2/3) golongan cupang betina termasuk golongan yang miskin, baik dari sisi materi maupun ilmu/pendidikan.
  2. Dalam bidang pendidikan masih jauh tertinggal dan ditinggalkan, sehingga 65% cupang betina adalah golongan yang tidak mengenyam pendidikan dengan layak.
  3. Pelayanan kesehatan terhadap golongan cupang betina sangat rendah, asupan gizi yang rendah, sehingga angka kematian cupang betina cukup tinggi.
  4. Masih sedikit cupang betina yang memiliki bargaining position yang strategis dalam pengambilan keputusan termasuk minim pada kiprah di bidang politik.
  5. Anggaran pendapatan pada bangsa cupang tidak banyak menyentuh dan kurang peka pada permasalahan yang dihadapi golongan cupang betina.

11112

Jika ditinjau dari beberapa hal di atas banyak disebabkan kerena akses sumberdaya jantan dan betina yang timpang, partisipasi golongan betina yang kurang juga rendahnya manfaat pembangunan bagi golongan betina. Jika golongan betina mau melibatkan diri dan dilibatkan pada pembangunan banyak hal-hal mendasar yang dapat dijadikan acuan bagi kebangkitan kaum betina cupang untuk pembangunan bangsanya, antara lain :

  1. Duapertiga waktu sehari yang banyak untuk keluarga/anak-anak perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pendidikan yang berawal dari rumah sehingga membawa kebaikan kepada seluruh keluarga.
  2. Melibatkan golongan betina pada setiap pengambilan keputusan akan memudahkan kebijakan dan lebih menyentuh pada permasalahan golongan betina.
  3. Perbaikan gizi dan kesehatan ibu cupang akan meningkatkan kesehatan bayi-bayi anak cupang.
  4. Penghargaan terhadap golongan betina akan memberi kesempatan terhadap golongan betina dalam menjalankan fungsi dan tanggung jawab sosialnya.
  5. Memberi kesempatan yang sama dalam mendapatkan pengetahuan dan informasi akan banyak membantu dalam memberdayakan golongan betina.
  6. Pemecahan masalah akan lebih tepat sasaran jika pemberdayaan melibatkan pihak yang merasakan masalahnya ikut dalam prosesnya.

Nah loh….apalagi coba, sungguh banyak potensi bangsa cupang dari sisi pemberdayaan gender betina bagi pembangunan bangsa, tunggu apalagi, ayolah para cupang betina, mari kita atasi masalah kita sendiri dan mari kita bangkit untuk memajukan bangsa…….!!!!!

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s