Ospek ITB ≠ Ospek ITC(upang)

Pro-kontra pelaksanaan ospek di kampus-kampus PT seperti yang terjadi di Fakultas Tehnik Geodesi ITB (ospek ITB) sama halnya yang terjadi di Institut Teknologi Cupang (ITCupang). Sama, setiap tahunnya ITCupang selalu melaksanakan kegiatan tersebut terhadap mahasiswa generasi baru. Sama pula, pada tahap persiapan/ perencanaan ospek, pro-kontra selalu mewarnai ajang pembicaraan formal maupun non-formal, pada tataran organik kampus mahasiswa secara umum, mahasiswa subyek pelaksana, obyek pelaksana,  maupun orang tua/ keluarga mahasiswa baru. Yang tidak sama, alhamdulillah selama ITCupang ada, belum pernah tercatat korban jiwa dalam pelaksanaan ospek. Ada memang beberapa sebatas sikut ato dengkul yang bundhazz…🙂

*namanyakerjakerasdanperjuangan*

Esensi ospek di ITCupang disepakati sebagai pengenalan dunia kampus, pengenalan pola pembelajaran (pelaksanaan tugas) sebagai mahasiswa, pengenalan  cara berpikir ilmiah dengan segala macam pembuktian ilmiahnya, pendekatan cara penyampaian pendapat secara lisan maupun tertulis, penanaman etika moral, penggalian karakter (lebih kepada bagaimana memahami karakter diri sendiri) sehingga dapat diteruskan dalam pembentukan kepribadian, dan tentunya pengenalan materi-materi kepemimpinan dan keorganisasian. Dengan esensi tersebut diharapkan setelah melewati ospek, mahasiswa baru dapat lebih siap melaksanakan fungsi kemahasiswaannya sehingga menyadari dirinya sedang berada dalam kancah pembentukan generasi baru yang cerdas, tangguh, mandiri, bertanggung jawab, kreatif, dan berakhlak mulia (moral positif), selama beberapa tahun kurun waktu ke depan.

Bagaimana dengan aspek fisik? Sama!! Esensi tersebut tetap menjadi dasar pelaksanaan aspek fisik selain tentunya tetap mengedepankan keselamatan dan kondisi kesehatan obyek pelaksana. Kejujuran, disiplin, dan rasa tanggung jawab sebagai mahasiswa lah dampak yang ingin dicapai. Aspek fisik tetap dipandang perlu dengan tujuan mahasiswa baru mengenal bahwa menjadi mahasiswa dengan tugas-tugas mandirinya tidaklah ringan sehingga tumbuh menjadi semangat kegigihan yang diharapkan menyertai perjuangan selama menjadi mahasiswa. Itulah batasan pelaksanaan aspek fisik, yang disepakati dalam esensi ospek di ITCupang. Dan sebagai antisipasi, meskipun esensi ospek telah disepakati dan ditekankan mulai dari jajaran rektorat sampai ke jajaran mahasiswa subyek pelaksana ospek, dibentuk dan “dipekerjakan” pula tim pengawas independen yang formasinya berada di luar formasi subyek pelaksana ospek, bertugas melaporkan setiap penyimpangan pelaksanaan ospek harian langsung kepada rektorat. Ya, tim inilah yang diberi wewenang dan akses langsung ke rektorat berkaitan dengan hasil reportase hariannya selama pelaksanaan ospek.

Yah..kira-kira begitulah gambaran ospek di ITCupang, negeri cupang yang dicintai cupangcupang. Dari mahasiswa cupang, oleh mahasiswa cupang, dan untuk mahasiswa cupang.

Bagaimana menurut sampeyan?

Ospek ITB ≠ Ospek ITC(upang)?

1 Komentar

  1. masih ada to ospek itu, janga disalah cupangkan yah hai para seniyor…
    wakaka…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s