MATA KULIAH WAJIB MAHASISWA CUPANG

Hidup dan kehidupan di kolam cupang memang menuntut para cupang untuk fight dan kritis dalam membaca fenomena kehidupan masing-masing individu cupang. Dalam mata kuliah wajib pernah dibahas, sedikit mengulas untuk teman-teman cupang, ada sebuah mata kuliah yang sangat dinamis, bahkan bisa ditempuh sampai akhir hayat, tidak ada kelulusan, adanya hanya nilai yang hanya Sang GURU yang berhak memberikannya, bisa A, B, C, D atau bahkan E. Satu kesatuan materi dalam satu mata kuliah wajib itu adalah ILMU IKHLAS, SABAR DAN TAWAKAL.

Mata kuliah ini cukup lengkap, mulai dari perkuliahan umum, experimen/praktikum, studi banding, sampai ujian kenaikan tingkat. Pada ilmu dasar mungkin Sang GURU memberikannya dalam bentuk kuliah umum, yang dapat dipahami dari apa-apa yang kita baca dari setiap fenomena diseputar kita, studi banding dengan kasus-kasus yang dihadapi cupang lain, sampai experimen pribadi. Kejelian dituntut dalam setiap kejadian yang kita alami, dicatat sebagai bagian dari proses, dianalisa dengan menggunakan parameter-parameter yang ada, menggunakan metodologi yang sudah diberikan di bangku kuliah, hingga jadilah sebuah kesimpulan. Jika ada kegagalan pada experimen mungkin evaluasi adalah materi yang tepat untuk mengatasinya.

Kadang kita tanpa sadar merasa kecewa ketika dompet kita dicopet orang, mungkin kehilangan hp kesayangan, atau perhiasan terjatuh tanpa sadar, itu semua belum seberapa. Mungkin suatu saat kita akan kehilangan sahabat, kerabat, orang tua, orang-orang yang kita sayang, hal itu pasti terjadi entah kapan waktunya. Itupun juga belum seberapa. Mungkin juga suatau saat kita akan kehilangan kesehatan kita, mungkin anggota gerak badan kita, atau mungkin ingatan kita, atau bahkan kesadaran kita, juga mungkin nyawa kita……..Maha Suci Rob…..Semuanya adalah miikNya, kita tiada kuasa apa-apa.

Makin jeli dan makin mahir membaca situasi yang dihadapi makin sayanglah Sang GURU terhadap mahasiswanya, metodologi yang diberikan juga makin sulit. Ujian kenaikan tingkat ya otomatis lebih sulit. Sesulit apapun cara mengerjakannya makin diiringi keyakinan bahwa inilah wujud kasih sayang Sang GURU karena DIA berharap kedekatan yang makin lebih dari sebelum-sebelumnya. Mata kuliah terkait dalam hal ini adalah Pengantar Ilmu Berserah Diri dan Dasar-Dasar Syukur Nikmat. Mau jadi mahasiswa berprestasi?Fastabiqul Khoirot…….

1 Komentar

  1. Ketiga ilmu itu nampaknya harus semakin di tanamkan dalam diri kita, sehingga tidak akan lagi ada istilah gontok-gontokan, pertikaian, dll. Mari kita kembangkan sama2.
    Cuap Cupang
    Tul… PakDhe…..suwun mampirnya


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s