Kemaren Hari Kartini, Hari ini Hari Bumi

Kemaren Hari Kartini. Dulu waktu cupang masih SD dan SMP tiap hari Kartini para siswa diwajibkan berbusana daerah rapi. Dan kesempatan seperti ini justru dijadikan ajang untuk fashion show, atau berusaha mempercantik diri. Cupang gak habis pikir, mungkin saja tujuan sekolah waktu itu untuk mengingatkan betapa besar perjuangan Ibu Kartini. Waktu cupang masih duduk di SMPN 1 Tulungagung sekitar tahun 1990an, perasaan aneh telah berkecamuk waktu itu. Apakah seperti ini profil yang dikehendaki Ibu Kartini? Berdandan seperti beliau, apakah yang seperti ini yang dikehendaki beliau?

adek dan tugu kartini

Berpuluh tahun berlalu, ketika cupang sudah menjadi ibu, barulah terasa mungkin saja maksudnya waktu itu adalah perenungan makna emansipasi. Tetapi emansipasi tidak dengan cara berdandan seperti beliau namun menunjukkan citra diri bahwa perempuan tidak hanya sekedar makhluk lemah tak berdaya, tetapi penuh dengan potensi dan ptahu betul bagaimana menempatkan posisinya baik di lingkungan keluarga, masyarakat maupun bangsanya. Perempuan-perempuan yang berdaya tahu menempatkan dirinya, tahu menghargai dirinya sendiri dan tahu menghargai posisi kaumnya, tahu apa yang mesti diperbuat untuk kebaikan dirinya maupun kaumnya.

sang-ibu1

Mungkin berita ini sudah basi, tapi perenungan takkan cukup sehari dimaknai, tapi senantiasa dijiwai tiap hari. Sebenarnya hari ini hari bumi, pengen memaknai juga?

Whekekekek…..Bumi aja juga gak mau ketinggalan pengen diperingati. Jane ngopooooo…….Men ngerti nek bumi kuwi soyo tuwo. Biar ngerti kalo bumi ini makin hari makin tua. Makin rapuh fisiknya, makin terbatas kemampuannya menahan beban keberingasan ulah rakus manusia. Biarpun bumi gak bisa berkata-kata diapun mengelus dada. Layaknya manusia, perlu juga dia suplai vitamin penambah tenaga, suplemen yang memperkuat tulang atau yang bisa memperlancar peredaran darah. Makin tua dan gak terawat bumi ini makin penyakitan saja. Kala hipertensinya kambuh bisa banjir dimana-mana, kala diabetesnya tinggi bisul membesar membuat luka dimana-mana dan sulit sembuhnya, jangan sampai kena amputasi. Kala panmas dalam perlu minuman penyegar dan wheh…….ndlawer ki cupang. Mana ada dokter bumi?

bumiku2

hehehehe…..Dokternya adalah penghuni bumi yang asenantiasa merawat dan menjaga kesehatannya dengan baik. Mari kita jaga kesehatan bumi agar di hari tuanya stamina tetap terjaga.

Tulisan terkait : Kiprah Cupang Betina

8 Komentar

  1. ada kekeliruan dalam memahami makna semangat dan perjuangan kartini, mbak cupang. banyak yang mewarisi semangat kartini dengn kesan seremonial berlebihan, lomba masak, atau pakai busana kebaya. duh, padahal esensi perjuangan kartini kan ndak di situ, tapi lebih pada upaya bagaimana kaum perempuan di negeri ini bisa meningkatkan harkat dan martabatnya. *haks, kok jadi sok tahu saya*
    Cuap Cupang,
    Memang kudu sok teu, Pak, biar sok teu yang penting nggak belagu….hehehehe….

  2. bumi memang makin tua, tapi apakah manusia bisa memudakannya kembali, nanti akan kelihatan juga betapa teknologi canggih dan transportasi kelihatan jelas kontribusinya dalam merusak alam, namun kita manusia tetap membutuhkannya, jadi ya dilematis…

    Cuap Cupang,
    Kayanya biarpun dilematis paling tidak ada usaha untuk bijak bagaimana mengelolanya agar kerusakan sedikit dihambat laju kecepatannya

  3. selamat hari kartini dan hari bumi. tidak ada yang tahu berapa usia bumi sebenarnya.. yang jelas kita harus melestarikan lingkungan di sekitar kita untuk menyelamatkan bumi..

    Cuap Cupang,
    Setuju, setuju……

  4. selamat hari kartini dan hari bumi….
    **mo nglamar jadi dokter bumi saia**

    Cuap Cupang,
    Masing-masing kita adalah dokter buat lingkungan kita masing-masing, yang tahu penyakit dan obatnya adalah kita sendiri, yuk mulai praktek yuk…

  5. bangsa yng besar adalah bngsa yg menghargai pahlawanya. Meskipun hanya dengn lomba memasak, atu hanya sekedar memakai kebaya..setidaknya kita teringat akan perjuangn sesokok kartini untuk harkat dan matbat wanita Indonesia..

    Selamt Hari Kartini dan Hari Bumi…

    Cuap Cupang,
    Selain teringat setidaknya ada upaya kita melanjutkan cita-citanya di era pembangunan ini sesuai kemampuan kita masing-masing

  6. met hari BOEMI

    Cuap Cupang,
    Suwun kunjungannya….

  7. Bulan April 2009 bulan istimewa.
    Ada hari Kartini, ada Hari Bumi, ada murid Ujian nasional, ada Pemilu Legislatip, ada ulang taun saya, istri saya dan anak saya…
    Cuap Cupang,
    Wah….jan pelangi-pelangi saestu, Pak.

  8. Ada hari Kartini…orang rame rame bicarakan Kehebatan Kartini….. ketika hari Bumi…orang juga bicara soal bagaimana bumi kita saat ini….dan ketika hari Menjelang PILPRES…. orang sedang sibuk bicara soal Koalisi…. Nah Kalau harinya bersamaan… Pasti orang akan bicara rame rame iya soal Kartini, Bumi dan Koalisasi…. Negara dan penghuninya memang begitu kali ya…. he he he
    Cuap Cupang
    Kan gak mau ketinggalan trend, Pak….


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s