Mempelajari Emosi sebagai suatu Proses

Kita adalah cupang biasa, cupang yang gak beda dengan yang lainnya. Sebagai makhluk yang memang biasa saja sangat penuh dengan keterbatasan, termasuk keterbatasan cara pandang, pola pikir, juga keterbatasan mengelola emosi. Emosi sebagai bagian dario efek psikologis kecupangan rasanya tidak mungkin dihilangkan dari pribadi kecupangan, hanya mungkin perlu pengelolaan dan pengendalian yang baik.

Berbagai bentuk emosi yang bisa dimunculkan seperti marah, sedih,gembira, kecewa dan lain-lain cupang kira sangat lumrah dan naluriah. Mulai dari usia dini respon tubuh terhadap lingkungan sekitar sudah terbentuk sejak lahir, seperti respon haus, respon butuhnya belaian ibu, respon risih ketika popok basah, hingga ddewasa pun tubuh kita senantiasa menangkap respon lingkungan dan berusaha mengapresiasikan sesuai pengaruh lingkungan yang ditimbulkan terhadap kita.

Emosi sebagai bagian dari kejiwaan percupangan perlu pengelolaan dengan baik, agar efek yang ditimbulkan dari pengelolaan emosi tersebut mampu membuat respon positif lingkungan untuk kita sendiri juga terhadap makhluk lain. Jika emosi yang ditimbulkan dbrol-brolan begitu saja, mungkin efek yang kita terima juga tak semanis jika kita mengeluarkannya dengan pengelolaan. Ibarat sayur yang dimakan mentah-mentah akan terasa biasa saja, akan lebih sedap jika kita mampu memasaknya menjadi hidangan yang istimewa.

Pengelolaan emosi, seperti halnya memasak makanan, juga memerlukan suatu proses. Hanya kita sendirilah yang bisa menentukan apakah proses itu mudah ataukah sulit. Karena kita sendiri juga punya kemampuan untuk mempermudah proses tersebut. Proses yang sederhana bukan halangan untuk membuat masakan lezat, karena emosi yang terkelola menjadi sedap kita rasakan. Bumbu sesuai selera, cita rasa sesuai cirikhas selera kita.

Hehehe…jadi pengen ngicipi proses emosi nih jadinya….

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s